IM (instant Messenger)

Olahpesan cepat (IM) adalah bentuk komunikasi real-time berbasis teks langsung antara dua atau lebih orang yang menggunakan komputer pribadi atau perangkat lain, bersama dengan berbagi perangkat lunak klien. Pengguna teks yang disampaikan melalui jaringan, seperti Internet. Lebih canggih software pesan instan klien juga memungkinkan ditingkatkan modus komunikasi, seperti suara hidup atau panggilan video.

Definisi

IM berada di bawah payung istilah online chatting, karena ini adalah real-time berbasis jaringan sistem komunikasi-teks, tetapi berbeda dalam bahwa hal itu didasarkan pada klien yang memfasilitasi hubungan antara pengguna dikenal yang ditentukan (sering menggunakan “Buddy List“,” Teman daftar “atau” Daftar Kontak “), sedangkan online ‘chat’ juga mencakup aplikasi berbasis web yang memungkinkan komunikasi antara (sering anonim) pengguna di lingkungan multi-user.

Ikhtisar

Olahpesan cepat (IM) adalah kumpulan dari teknologi yang digunakan untuk komunikasi berbasis teks real-time antara dua atau lebih peserta melalui Internet, atau jenis jaringan. Penting adalah bahwa online chatting dan instant messaging berbeda dari teknologi lain seperti e-mail karena sinkronisitas dirasakan dari komunikasi oleh pengguna-chat yang terjadi secara real-time. Beberapa sistem mengizinkan pesan yang akan dikirim ke orang tidak saat ‘login’ (pesan offline), sehingga menghilangkan beberapa perbedaan antara IM dan e-mail (sering dilakukan dengan mengirimkan pesan ke account e-mail yang terkait).

IM memungkinkan komunikasi yang efektif dan efisien, memungkinkan penerimaan langsung dari pengakuan atau jawaban. Dalam banyak kasus instant messaging mencakup fitur-fitur tambahan yang dapat membuatnya semakin populer. Sebagai contoh, pengguna dapat saling melihat dengan menggunakanWebcam, atau berbicara langsung secara gratis melalui internet dengan menggunakan mikrofon dan headphone atau pengeras suara. Banyak program client memungkinkan transfer file juga, meskipun mereka biasanya terbatas dalam ukuran file-diperbolehkan.

Hal ini biasanya dimungkinkan untuk menyimpan percakapan teks untuk referensi nanti. Pesan Instan sering login dalam riwayat pesan lokal, sehingga mirip dengan sifat gigih e-mail.

Sejarah

 

Pada awal program pesan instan masing-masing karakter muncul ketika diketik. UNIX “berbicara” perintah yang ditunjukkan di screenshot ini populer di tahun 1980 dan awal 1990-an.

Olahpesan cepat mendahului internet, pertama muncul pada multi-user sistem operasi seperti CTSS dan Multics[1] pada tahun 1960 pertengahan. Awalnya, beberapa dari sistem ini digunakan sebagai sistem pemberitahuan untuk layanan seperti pencetakan, tapi dengan cepat digunakan untuk memfasilitasi komunikasi dengan pengguna lain login ke mesin yang sama.[rujukan?] Sebagai jaringan berkembang, protokol menyebar dengan jaringan. Beberapa menggunakan peer-to-peer protokol (misalnya berbicarantalk, dan ytalk), sementara yang lain yang diperlukan rekan-rekan dapat terhubung ke server (lihat pembicara dan IRC). Selama sistem papan Buletin (BBS) fenomena yang memuncak selama 1980-an, beberapa sistem dimasukkan fitur chat yang mirip dengan pesan instan; Freelancin ‘Roundtable adalah salah satu contoh utama.

Di paruh terakhir 1980-an dan ke awal 1990-an, para Link Quantum layanan online untuk Commodore 64 komputer menawarkan-untuk-pengguna pesan pengguna antara tersambung pelanggan saat ini yang mereka sebut “On-Line Pesan” (atau Olm untuk pendek), dan kemudian “FlashMail.” (Link Quantum kemudian menjadi America Online dan membuat AOL Instant Messenger (AIM), dibahas kemudian). Sedangkan layanan Link Quantum berlari di Commodore 64, hanya menggunakan Commodore’s PETSCII teks-grafis, layar itu visual dibagi menjadi beberapa bagian dan OLMs akan muncul sebagai bar kuning mengatakan “Pesan Dari:” dan nama pengirim beserta pesan di bagian atas apa pun pengguna sudah lakukan, dan disajikan daftar pilihan untuk merespon.[2] Dengan demikian, bisa dianggap sebagai semacam GUI(Graphical user interface), meskipun jauh lebih primitif daripada Unix nanti , Windows dan Macintosh berbasis GUI program IM. OLMs adalah apa Q-Link yang disebut “Plus Layanan” berarti mereka dikenakan biaya per-menit tambahan di atas biaya-Link akses Q bulanan.

Modern, Internet-lebar, klien-pesan berbasis GUI seperti yang dikenal saat ini, mulai lepas landas pada pertengahan tahun 1990 denganPowwowICQ, dan AOL Instant Messenger. fungsi serupa yang ditawarkan oleh CU-SeeMe pada tahun 1992, meskipun terutama audio sebuah / video chat link, pengguna dapat mengetik pesan juga satu sama lain. AOL kemudian mengakuisisi Mirabilis, pencipta dari ICQ, beberapa tahun kemudian ICQ (sekarang dimiliki oleh AOL) dianugerahi dua hak paten untuk instant messaging oleh kantor paten AS. Sementara itu, perusahaan lain mengembangkan aplikasi mereka sendiri (ExciteMSNUbique, dan Yahoo), masing-masing dengan milik perusahaan memiliki protokol dan klien, sehingga pengguna harus menjalankan aplikasi beberapa klien jika mereka ingin menggunakan lebih dari satu jaringan ini. Pada tahun 1998 IBM merilis IBM Lotus Sametime, produk yang berbasis pada teknologi diperoleh ketika membeli IBM Haifa berbasis Ubique dan berbasis Databeam Lexington.

Pada tahun 2000, sebuah open source aplikasi dan standar terbukaberbasis protokol disebut Jabber diluncurkan. Protokol ini distandarisasi dengan nama Extensible Messaging dan Presence Protocol“(XMPP).. XMPP server dapat bertindak sebagai gateway untuk protokol IM lain, mengurangi kebutuhan untuk menjalankan beberapa klien Multi-protokol klien dapat menggunakan salah satu protokol IM yang populer dengan menggunakan perpustakaan lokal tambahan untuk setiap protokol ditambahkan. IBM Lotus Sametime’s November 2007 merilis IBM Lotus Sametime Gatewaydukungan untuk XMPP.

Di era saat ini, jaringan sosial sering menawarkan kemampuan penyedia IM.

Banyak layanan pesan instan menawarkan panggilan video fitur, Voice Over IP (VoIP) dan web conferencing jasa. Layanan Web conferencing dapat mengintegrasikan baik panggilan video dan kemampuan instant messaging. Beberapa perusahaan instant messaging juga menawarkan desktop sharing, radio IP, dan IPTV ke fitur suara dan video.

Istilah “Instan” Messenger adalah merek layanan dari Time Warner[3] dan tidak boleh digunakan dalam perangkat lunak tidak berafiliasi dengan AOL di Amerika Serikat. Untuk alasan ini, instant messaging client sebelumnya dikenal sebagai Gaim atau gaim diumumkan pada bulan April 2007 bahwa mereka akan berganti nama menjadi “Pidgin“.[4]

Klien

Setiap layanan IM modern pada umumnya menyediakan klien sendiri, baik yang dipasang bagian terpisah dari perangkat lunak, atau berbasis browser klien. Ini biasanya hanya bekerja dengan perusahaan jasa yang, meskipun beberapa memungkinkan fungsi terbatas dengan layanan lainnya. Ada juga pihak ketiga aplikasi perangkat lunak klien yang akan terhubung dengan sebagian besar layanan IM utama. AdiumDigsbyMeeboMiranda IMPidginQnextSAPO Messenger dan Trillian adalah beberapa yang umum.

Interoperabilitas

 

Pidgin’s jendela tab chat di Linux

Standar gratis aplikasi instant messaging menawarkan fungsi seperti transfer file, daftar kontak, kemampuan untuk melakukan percakapan dll simultan Ini mungkin semua fungsi yang perlu usaha kecil tapi organisasi yang lebih besar akan memerlukan canggih banyak aplikasi yang dapat bekerja sama. Solusi untuk menemukan aplikasi yang mampu ini adalah untuk menggunakan versi perusahaan dari aplikasi pesan instan. Ini termasuk judul seperti XMPP, Lotus SametimeMicrosoft Office Communicator, dll, yang sering terintegrasi dengan aplikasi perusahaan lainnya seperti sistem alur kerja. aplikasi enterprise ini, atauEnterprise Aplikasi Integrasi (EAI), dibangun untuk kendala tertentu, yaitu menyimpan data dalam format umum.

Ada beberapa usaha untuk membuat sebuah standar yang bersatu untuk instant messaging: IETF‘s SIP (Session Initiation Protocol) dan SEDERHANA (SIP untuk Instant Messaging dan Presence Leveraging Extensions), APEX (Application Exchange), Prim (Presence dan Instant Messaging Protocol) , yang XMPP berbasis XML terbuka (Extensible Messaging dan Presence Protocol), dan OMA’s (Open Mobile Alliance) IMPS (Instant Messaging dan Presence Service) dibuat khusus untuk perangkat mobile.

Kebanyakan upaya untuk menciptakan standar bersatu untuk penyedia IM utama (AOL, Yahoo dan Microsoft) telah gagal, dan masing-masing terus menggunakan protokol miliknya sendiri.

Namun, saat diskusi di IETF telah terhenti, Reuters menandatangani perjanjian antar-penyedia layanan konektivitas pertama pada bulan September 2003.Perjanjian ini memungkinkan AIM, ICQ dan MSN Messenger pengguna untuk berbicara dengan Reuters Messaging rekan dan sebaliknya. Setelah ini, Microsoft, Yahoo dan AOL sampai ke sebuah kesepakatan di mana Microsoft Live Communication Server 2005 pengguna juga akan memiliki kemungkinan untuk berbicara kepada masyarakat pengguna pesan instan. Kesepakatan ini didirikan SIP / SIMPLE sebagai standar untuk protokol interoperabilitas dan mendirikan biaya konektivitas untuk mengakses pesan instan awan publik. Secara terpisah, pada 13 Oktober 2005 Microsoft dan Yahoo mengumumkan bahwa pada kuartal ke-3 tahun 2006 mereka akan interoperate menggunakan SIP / SIMPLE yang diikuti pada bulan Desember 2005 oleh AOL dan Google kesepakatan kemitraan strategis di mana Google Talk pengguna akan dapat berbicara dengan AIM dan ICQ pengguna asalkan mereka memiliki account AIM.

Ada dua cara untuk mengkombinasikan banyak protokol yang berbeda:

  1. Salah satunya adalah dengan menggabungkan banyak protokol yang berbeda dalam IM aplikasi klien.
  2. Cara lain adalah dengan menggabungkan banyak protokol yang berbeda dalam IM server aplikasi. Pendekatan ini memindahkan tugas berkomunikasi dengan layanan lain untuk server. Klien tidak perlu tahu atau peduli tentang protokol IM lain. Sebagai contoh, SKB 2005 Publik IM Konektivitas. Pendekatan ini sangat populer di server XMPP, namun, yang disebut transportasi proyek-begitu menderita sama reverse engineering kesulitan seperti halnya proyek lain yang terlibat dengan protokol ditutup atau format.

Beberapa pendekatan memungkinkan organisasi untuk membuat instan pribadi mereka sendiri jaringan pesan dengan memungkinkan mereka untuk membatasi akses ke server (sering dengan jaringan IM sepenuhnya di belakang firewall mereka) dan mengatur hak akses pengguna. Lainnya sistem pesan perusahaan memungkinkan pengguna terdaftar untuk juga dapat terhubung dari luar LAN korporasi, dengan menggunakan protokol HTTPS berbasis firewall-friendly aman. Biasanya, sebuah perusahaan IM dedicated server memiliki beberapa keunggulan seperti penduduknya menghubungi daftar-pre, otentikasi terpadu, dan keamanan yang lebih baik dan privasi.

Beberapa jaringan telah membuat perubahan untuk mencegah mereka dari yang digunakan oleh klien multi-jaringan IM tersebut. Sebagai contoh, Trillian harus merilis beberapa revisi dan patch untuk mengizinkan pengguna untuk melakukan akses ke MSN, AOL, dan Yahoo! jaringan, setelah perubahan yang dibuat untuk jaringan ini. IM utama penyedia biasanya mengutip kebutuhan akan persetujuan yang formal serta keamanan keprihatinan sebagai alasan untuk membuat perubahan ini.

Penggunaan protokol proprietary berarti bahwa banyak jaringan pesan instan telah kompatibel dan orang-orang tidak mampu menjangkau teman-teman di jaringan lain. Ini biaya format pesan instan mahal.[5]

Mobile pesan instan

Mobile Instant Messaging (MIM) adalah teknologi yang memungkinkan layanan Instant Messaging untuk diakses dari perangkat portabel, mulai dari standar ponsel, untuk smartphone (misalnya perangkat yang menggunakan sistem operasi seperti IOSBlackberry OSSymbian OSAndroid OSWindows Mobile, et al). Hal ini dilakukan dua cara:

  • Embedded Klien – klien IM disesuaikan untuk setiap perangkat tertentu.
  • Clientless Platform – sebuah aplikasi berbasis browser yang tidak memerlukan download perangkat lunak apapun ke handset, dan yang memungkinkan semua pengguna dan semua perangkat dari jaringan manapun untuk menyambung ke Internet mereka layanan IM-idealnya. Dalam prakteknya, kemampuan browser dapat menimbulkan masalah.

Dalam browser web

Gmail memiliki kapasitas instant messaging dalam halaman web itu sendiri, yang dapat digunakan dalam web browser tanpa perlu men-download dan menginstal klien IM. Kemudian Yahoo dan Hotmail juga dapat menerapkannya. eBuddy dan Meebo website pesan instan menawarkan layanan IM yang berbeda. Umumnya layanan tersebut hanya terbatas pada teks chat, meskipun Gmailmemiliki kemampuan suara dan video. Pada Agustus 2010, Gmail memungkinkan panggilan telepon biasa dari klien IM berbasis web.

-to-friend jaringan Teman

Pesan Instan mungkin dilakukan dalam Teman-untuk-teman jaringan, di mana setiap node terhubung ke teman-teman di daftar teman. Hal ini memungkinkan untuk berkomunikasi dengan teman dari teman dan untuk bangunan chatroom untuk pesan instan dengan semua teman-teman pada jaringan itu.

Bahasa IM

Lihat juga: Bahasa SMS

Pengguna kadang-kadang menggunakan bahasa gaul internet atau teks berbicara untuk menyingkat kata-kata umum atau ekspresi dalam rangka mempercepat percakapan atau untuk mengurangi penekanan tombol. Bahasa telah menjadi universal, dengan ekspresi terkenal juga seperti ‘lol’ diterjemahkan ke bahasa tatap muka.

Emosi sering disajikan dalam singkat, seperti singkatan LOLBRB dan singkatan (masing-masing Laugh (ing) Out Loud, Be Right Back dan Talk To You Nanti).

Namun, beberapa upaya untuk lebih akurat dengan ekspresi emosi melalui IM. Real time reaksi seperti (kekek) (mendengus()tertawa terbahak-bahak) atau (mata-roll) menjadi lebih populer. Juga ada standar tertentu yang sedang diperkenalkan ke percakapan mainstream termasuk, ‘#’ menunjukkan penggunaan sarkasme dalam sebuah pernyataan dan ‘*’ yang menunjukkan kesalahan ejaan dan / atau kesalahan tata bahasa dalam pesan sebelumnya, diikuti dengan koreksi.[6]

Aplikasi Bisnis

Olahpesan cepat telah terbukti untuk menjadi serupa dengan komputer pribadi, e-mail, dan World Wide Web, di adopsi untuk digunakan sebagai media komunikasi bisnis terutama didorong oleh karyawan individu dengan menggunakan perangkat lunak konsumen di tempat kerja, bukan oleh mandat formal atau provisioning oleh perusahaan teknologi informasi departemen. Puluhan juta IM akun konsumen penggunaannya digunakan untuk tujuan bisnis dengan karyawan perusahaan dan organisasi lain.

Menanggapi permintaan IM kelas bisnis dan kebutuhan untuk menjamin keamanan dan kepatuhan hukum, tipe baru instant messaging, yang disebut “Enterprise Pesan Instan” (“Eim”) telah dibuat ketika Lotus Software meluncurkan IBM Lotus Sametime pada tahun 1998. Microsoft mengikuti segera sesudahnya dengan Microsoft Exchange Instant Messaging, kemudian menciptakan sebuah platform baru yang disebut Microsoft Office Live Communications Server, dan dirilis Office Communications Server 2007 di bulan Oktober 2007. Oracle Corporation juga melompat ke pasar baru dengan perusahaan Pramusari Oracle perangkat lunak kolaborasi bersatu.[7] Kedua IBM Lotus dan Microsoft telah memperkenalkan federasi antara Eim sistem mereka dan beberapa jaringan IM publik sehingga karyawan dapat menggunakan antarmuka tunggal untuk kedua sistem internal Eim mereka dan kontak mereka di AOL, MSN, dan Yahoo. Terkemuka saat ini Eim platform termasuk IBM Lotus SametimeMicrosoft Office Communications ServerJabber XCP dan Cisco Unified Presence. Selain itu, industri yang berfokus Eim platform sebagai Reuters Messaging dan Bloomberg Pesan memberikan peningkatan kemampuan IM untuk perusahaan jasa keuangan.

Penerapan IM di seluruh jaringan perusahaan di luar kendali organisasi TI menciptakan risiko dan kewajiban bagi perusahaan yang tidak efektif mengelola dan dukungan menggunakan IM. Perusahaan menerapkan khusus pengarsipan dan keamanan produk IM dan layanan untuk mengurangi risiko ini dan memberikan aman, aman, produktif pesan instan kemampuan kepada karyawan mereka.

Review produk

produk IM biasanya dapat dikategorikan menjadi dua jenis: Enterprise Instant Messaging (Eim)[8] dan Konsumen Instant Messaging (CIM).[9] solusi Enterprise menggunakan server IM internal, namun hal ini tidak selalu layak, terutama untuk usaha kecil dengan anggaran terbatas. Opsi kedua, menggunakan CIM memberikan keuntungan karena murah untuk menerapkan dan memiliki sedikit kebutuhan untuk investasi dalam perangkat keras atau perangkat lunak baru server.

Untuk enkripsi menggunakan perusahaan dan pengarsipan percakapan biasanya dianggap sebagai fitur penting karena masalah keamanan. Kadang-kadang penggunaan sistem operasi yang berbeda dalam organisasi panggilan untuk penggunaan perangkat lunak yang mendukung lebih dari satu platform. Sebagai contoh perusahaan perangkat lunak yang menggunakan Windows XP di departemen administrasi tetapi pengembang perangkat lunak yang menggunakan Linux.

Risiko dan kewajiban

Meskipun pesan instan memberikan banyak manfaat, tetapi juga disertai dengan resiko dan kewajiban tertentu, terutama bila digunakan di tempat kerja. Di antara risiko dan kewajiban:

  • Keamanan risiko (misalnya IM digunakan untuk menginfeksi komputer dengan spyware, virus, trojan, worm)
  • Kepatuhan risiko
  • Tidak pantas menggunakan
  • Rahasia dagang kebocoran

Keamanan risiko

Kerupuk (jahat “hacker” atau hitam topi hacker) secara konsisten menggunakan jaringan IM sebagai vektor untuk memberikan phishing upaya, “racun URL”, dan sarat file lampiran-virus dari tahun 2004 sampai sekarang, dengan lebih dari 1100 serangan diskrit terdaftar oleh Keamanan IM Pusat[10] pada 2004-2007. Hacker menggunakan dua metode penyampaian kode berbahaya melalui IM: pengiriman viruskuda trojan, atau spyware dalam suatu file yang terinfeksi, dan penggunaan rekayasa sosial “teks” dengan alamat web yang membujuk penerima untuk klik pada URL menghubungkan dia atau dia ke situs Web yang kemudian download kode berbahaya. Virus, worm komputer, dan trojan biasanya merambat dengan mengirimkan sendiri cepat melalui pengguna terinfeksi daftar teman. Sebuah serangan yang efektif menggunakan beracun URL bisa mencapai puluhan ribu orang dalam waktu singkat kapan daftar teman setiap orang menerima pesan muncul untuk menjadi dari seorang teman terpercaya. Penerima klik pada alamat web, dan seluruh siklus dimulai lagi. Infeksi bisa berkisar dari gangguan bagi pidana, dan menjadi lebih canggih setiap tahun.

koneksi IM biasanya berlangsung di teks biasa, membuat mereka rentan terhadap eavesdropping. Selain itu, perangkat lunak klien IM sering membutuhkan pengguna untuk mengekspos membukaUDP port ke dunia, meningkatkan kerentanan ancaman keamanan potensial.[11]

Risiko kepatuhan

Selain ancaman kode berbahaya, penggunaan instant messaging di tempat kerja juga menimbulkan risiko non-kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang mengatur penggunaan komunikasi elektronik dalam bisnis. Di Amerika Serikat saja ada lebih dari 10.000 hukum dan peraturan yang terkait dengan olahpesan elektronik dan catatan retensi.[12] Semakin baik dikenal ini termasukSarbanes-Oxley ActHIPAA, dan SEC 17a-3. Klarifikasi dari Industri Keuangan Regulatory Authority (“FINRA”) yang dikeluarkan untuk perusahaan-perusahaan anggota dalam industri jasa keuangan pada bulan Desember, 2007, mencatat bahwa “komunikasi elektronik”, “email”, dan “korespondensi elektronik” dapat digunakan secara bergantian dan dapat termasuk bentuk-bentuk pesan elektronik sebagai pesan instan dan pesan teks.[13] Perubahan Aturan Federal Sipil Prosedur, efektif 1 Desember 2006, menciptakan sebuah kategori baru untuk catatan elektronik yang mungkin diminta selamapenemuan dalam proses hukum. Sebagian besar negara di seluruh dunia juga mengatur penggunaan pesan elektronik dan elektronik retensi catatan dalam cara yang sama ke Amerika Serikat. Yang umum peraturan yang paling berhubungan dengan IM di tempat kerja melibatkan kebutuhan untuk menghasilkan komunikasi bisnis arsip untuk memenuhi permintaan pemerintah atau pengadilan di bawah hukum. Banyak komunikasi pesan instan jatuh ke dalam kategori komunikasi bisnis yang harus diarsipkan dan diambil.

gunakan tidak pantas

Organisasi dari semua jenis harus melindungi diri dari kewajiban yang tidak tepat ‘karyawan mereka menggunakan IM. Itu, langsung, dan nyata anonim sifat informal pesan instan membuatnya menjadi calon untuk pelecehan di tempat kerja. Topik menggunakan IM yang tidak tepat menjadi berita halaman depan pada bulan Oktober 2006 ketika Kongres AS Mark Foley mengundurkan diri kursinya setelah mengakui mengirimkan pesan instan ofensif yang bersifat seksual di bawah umur mantan halaman Rumah dari PC kantor Kongres nya. The Mark Foley Scandal menyebabkan arus utama artikel koran dan liputan media peringatan risiko penggunaan IM tidak pantas di tempat kerja. Di sebagian besar negara, perusahaan memiliki tanggung jawab hukum untuk memastikan lingkungan kerja bebas-pelecehan untuk karyawan. Penggunaan komputer milik perusahaan, jaringan, dan software untuk melecehkan seseorang atau menyebarkan lelucon yang tidak pantas atau bahasa menciptakan kewajiban untuk tidak hanya pelaku tetapi juga majikan. Sebuah survei yang dilakukan oleh pengarsipan IM dan keamanan penyedia Akonix Systems, Inc Maret 2007 menunjukkan bahwa 31% responden telah dilecehkan melalui IM di tempat kerja.[14] Perusahaan sekarang termasuk pesan instan sebagai komponen integral dari kebijakan mereka pada penggunaan yang tepat dari World Wide Web, e-mail, dan aset perusahaan lainnya.

Keamanan dan pengarsipan

Pada awal 2000-an, suatu kelas baru TI penyelenggara jaminan muncul untuk memberikan solusi bagi risiko dan kewajiban yang dihadapi oleh perusahaan yang memilih untuk menggunakan IM untuk komunikasi bisnis. Petugas keamanan IM menciptakan produk baru yang akan diinstal dalam jaringan perusahaan untuk tujuan pengarsipan, konten-scanning, dan keamanan lalu lintas IM pemindaian bergerak masuk dan keluar dari perusahaan. Serupa dengan e-mail filtering vendor, penyedia keamanan IM fokus pada risiko dan kewajiban yang dijelaskan di atas.

Dengan adopsi yang cepat dari IM di tempat kerja, permintaan produk keamanan IM mulai tumbuh pada pertengahan tahun 2000-an. Pada tahun 2007, platform pilihan untuk pembelian perangkat lunak keamanan telah menjadi “komputer alat“, menurut IDC, yang memperkirakan bahwa pada tahun 2008, 80% dari keamanan jaringan produk tersebut akan dikirim melalui sebuah alat.[15]

dasar User

Perhatikan bahwa banyak dari angka yang tertera dalam bagian ini tidak dapat dibandingkan secara langsung, dan ada pula yang spekulatif. Sementara beberapa nomor yang diberikan oleh pemilik dari sebuah sistem pesan instan lengkap, yang lain disediakan oleh vendor komersial bagian dari sistem terdistribusi. Beberapa perusahaan mungkin akan termotivasi untuk mengembang jumlah mereka dalam rangka meningkatkan pendapatan iklan atau untuk menarik mitra, klien, atau pelanggan. Yang penting, beberapa nomor yang dilaporkan sebagai jumlah “aktif” pengguna (tanpa suatu standar bersama kegiatan itu), yang lain menunjukkan jumlah account pengguna, sementara yang lain hanya menunjukkan pengguna login selama contoh penggunaan puncak.

Layanan Pengguna menghitung Tanggal / sumber
AIM 53 juta aktif September 2006
> 100 juta total Januari 2006
eBuddy 35 juta total Oktober 2006, termasuk 4 juta pengguna ponsel
Gadu-Gadu Lebih dari 6 juta aktif (mayoritas di Polandia) Mei 2009
IBM Lotus Sametime 40 juta total (lisensi, pengguna berhak di perusahaan) Desember 2009
ICQ 50 juta aktif CNET 8 Februari 2010
IMVU 1 juta total Juni 2007
Mail.ru Agen 1 juta aktif (setiap hari) September 2006
Meebo 1 juta total Oktober 2006
MXit 11 juta total (9 juta di Afrika Selatan) 29 Januari 2009.
Paltalk 3,3 juta pengunjung unik per bulan Agustus 2006
PSYC 1 juta aktif (setiap hari) (mayoritas di Brazil) Februari 2007. Perhatikan bahwa pengguna merupakan bagian dari basis pengguna IRC, basis pengguna pesan terdiri dari beberapa ratus pengguna
Skype 23 juta puncak online Oktober 2010
309.000.000 total April 2008
Tencent QQ 61300000 puncak online (mayoritas di Cina) 29 Oktober 2009[16]
440 juta rekening aktif (termasuk pengguna dengan beberapa account). (Mayoritas Cina) 29 Oktober 2009[16]
990 juta rekening total terdaftar. (MayoritasCina) 29 Oktober 2009[16]
VZOchat > 550.000 Desember 2008
Windows Live Messenger(sebelumnya MSN Messenger) 330 juta aktif Juni 2009
Xfire 16 juta total Mei 2010
Yahoo Messenger 248 juta pengguna aktif terdaftar Yahoo global (merujuk pada pengguna Yahoo SEMUA bukan pengguna Instant Messaging) 17 Jan 2008
Facebook Diklaim 500 juta pengguna Agar statistik
Blauk 700, 000 pengguna setiap hari [1]
  1. November 24th, 2010
    Trackback from : IM « Willygalunk's Blog

Leave a comment